Cara Menghitung Persentase

cara menghitung diskon persen di kalkulator, cara menghitung diskon, cara menghitung persen di kalkulator hp, cara menghitung persen dari jumlah,

Cara Menghitung Persentase

Persentase biasanya digunakan untuk mencari kontribusi, diskon dan perbandingan di suatu data laporan. kalo kita masuk di suatu toko atau pusat perbelanjaan banyak menggunakan kata diskon untuk menarik para konsumen. dari hal tersebut ada beberapa orang yang belum paham cara menghitung persentase dalam suatu bilangan. memang terlihat mudah namun cukup membungungkan bagi yang belum paham. berikut cara menghitung persentase.
Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%
Diskon (D) = Persen Diskon (%D) x Harga Awal (A)
Harga Akhir (X) = [100% – Persen Diskon (%D)] X Harga Awal (A) 

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Baca Juga : Cara Kroscek Data di Excel 

Pengertian Persentase 

persentase atau perseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. Wikipedia

Tutoral Membuat Persentase di Excel

Berikut tutorial Cara Membuat Persentase di ExcelDalam tutorial Cara Membuat Nota Pembayaran di Excel ini, Anda akan mempelajari cara mengelola data excel secara Interaktif. chanel ini juga anda akan belajar tentang microsoft excel salah satunya yaitu cara membuat laporan keuangan, laporan penjualan, laporan sales, Laporan Bulanan Excel, Membuat dashboard excel,  excel dashboard, Tips Excel, belajar membuat Nota, invoice, PO, Kwitansi, Purchase Order, Surat Salan, Penawaran Harga, data penduduk, surat masuk dan keluar, yang bisa menggunakan Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel 2019 atau Office 365 - untuk pengguna Pemula atau Tingkat Lanjut. untuk selengkapnya bisa kunjungi https://www.youtube.com/adekaryadi




Posting Komentar

© ADMIN EXCEL, All rights reserved. Distributed by Pixabin