Mengenal Fungsi Wrap Text dan Merge & Center

Dalam bekerja menggunakan ms excel, kita tidak bisa lepas dari fungsi merge center dan wrap text,

Mengenal Fungsi Wrap Text dan Merge & Center


Halo sobat Admin Excel ! Kembali lagi nih di admin excel. Kali ini materinya adalah mengenal fungsi wrap text dan merge & center.

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Baca Juga : Cara Kroscek Data di Excel 

Ketika kita bekerja dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, maka kita perlu untuk mengetahui fungsi-fungsi dasar, baik itu rumus maupun pengaturan teks.

Bagi kita yang masih sangat pemula, melakukan pengaturan teks pun mungkin akan terkendala dengan kolom, ketika teks yang kita masukan sangat panjang sedangkan di bawahnya terdapat kolom berisi angka maka teks pun akan terpotong atau jika kita perbesar ukuran kolom yang berisi teks tentu akan mengganggu juga pada ukuran kolom lainnya hingga muncul kesan tidak rapi.

Dengan mengetahui fungsi dasar pengaturan teks seperti wrap text dan merge & center, maka bekerja menggunakan Microsoft Excel pun akan semakin menarik dan dokumen kita pun akan tampil rapi.

Untuk lebih jelasnyayuk kita praktekin langsung penggunaan wrap text dan merge & center dengan mempersiapkan dokumen dibawah ini : 


Baca Juga : Cara Kroscek Data di Excel
Dari contoh diatas, contoh penggunaan merge & center terdapat dalam kolom A1, sedangkan contoh penggunaan wrap text berada dalam kolom B3. Masing-masing teks masih terpotong dan kita akan mempraktekkan penggunaan merge & center terlebih dahulu.

Misalkan kita akan menggunakan rumus merge & center dari kolom A1 hingga kolom F1. Caranya adalam memblok kolom A1 hingga F1 kemudian pada menu Home klik Merge & Center seperti gambar berikut ini :


Kemudian kita akan mempraktekkan penggunaan wrap text, caranya pun sangat mudah yaitu dengan klik kolom yang akan di wrap text dan pilih Wrap Text yang berada pada menu Home, seperti gambar berikut ini :


Dan ini adalah gambar lembar kerja setelah penggunaan merge & center dan wrap text :


Nah, gimana? Gampang kan sobat admin excel ? Sekian dulu dari admin excel yaa, sampai jumpa.

Posting Komentar

© ADMIN EXCEL, All rights reserved. Distributed by Pixabin