Menyisipkan Gambar ke dalam Lembar Kerja Microsoft Excel

Kembali lagi, sobat admin excel ! Kali ini kita akan belajar menyisipkan gambar ke dalam lembar kerja Microsoft Excel.

Menyisipkan Gambar ke dalam Lembar Kerja Microsoft Excel


Kembali lagi, sobat admin excel ! Kali ini kita akan belajar menyisipkan gambar ke dalam lembar kerja Microsoft Excel.

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Baca Juga : Cara Kroscek Data di Excel 
Gambar memang sangat menunjang kebutuhan dalam pekerjaan dan dengan gambar juga suasana lembar kerja pun semakin hidup. Dan ketika bekerja menggunakan Microsoft Excel, tentu saja kita juga dapat menyisipkan gambar dengan mudah kedalam lembar kerja kita.

Berikut ini adalah cara untuk menyisipkan gambar ke dalam lembar kerja Microsoft Excel dengan mudah dan cepat :

Hal yang pertama kali yang harus dipersiapkan adalah lembar kerja kosong yang berisi kolom nama dan kolom foto seperti gambar berikut ini  : 



Baca Juga : Cara Menghitung Persentase

Isi kolom nama sesuai dengan nama kita atau nama orang lain dan berikut ini adalah langkah untuk menyisipkan gambar :

Pilih pada kolom foto > klik Insert Picture dan pilih foto yang akan kita masukan :



Setelah gambar mucul, maka langkah selanjutnya adalah klik kanan pada gambar dan pilih Format Picture, kemudian akan muncul form seperti berikut ini :


Baca Juga : Cara Merubah Excel ke PDF
Pilih Properties dan pilih Move and size with cells, dan jangan lupa untuk menceklis Print Object dan Locked.

Hasilnya akan tampil seperti pada gambar berikut ini :


Karena tadi kita sudah mengunci gambar pada sel tersebut, maka gambar pun akan mengikut pada ukuran sel tersebut. Dengan hal ini pula, maka kita dapat untuk menyembunyikan atau melakukan penyaringan pada gambar yang terdapat dalam sel tersebut.


Mudah kan, sobat admin excel ? Sekian dulu yaa dari admin excel. Sampai ketemu lagi.

1 komentar

  1. Sangat bermanfaat
© ADMIN EXCEL, All rights reserved. Distributed by Pixabin