Membuat Nomor Urut dengan Cepat di Microsoft Excel

Nomor Urut dalam data pun seolah menjadi hal yang penting bagi beberapa data. Namun untuk membuat penomoran,

Membuat Nomor Urut dengan Cepat di Microsoft Excel


Halo sobat adminexcel ! Kembali lagi Bersama kami. Kali ini kita akan membahas nomor urut excel.

Nomor Urut dalam data pun seolah menjadi hal yang penting bagi beberapa data. Namun untuk membuat penomoran, tentu saja kita berfikir bagaimana cara melakukannya secepat mungkin dan tidak perlu berulang kali menginputkan nomor dari kolom ke kolom.

Dalam Microsoft Excel, tentu saja terdapat trik untuk membuat penomoran dengan cepat meski sebanyak apapun nomor urut yang akan dibuat.

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika
Langkah pertama yang harus kita lakukan pastinya adalah membuka lembar kerja di Microsoft ExcelJika pengurutan akan dilakukan ke bawah, maka inputkan angka 1 dan 2 seperti gambar berikut ini :



Blok kedua data, arahkan kursor pada kolom yang dituju hingga berubah menjadi bentuk +, tahan dan tarik, kemudian lepas. Perhatikan gambar berikut ini :





Baca Juga : Cara Print Excel Agar Full Kertas

Setelah dilepaskan, maka nomor akan otomatis terurut.
Jika pengurutan akan dilakukan menyamping pun tentu menggunakan cara yang sama, terlebih dahulu adalah membuat pola angka 1 dan 2 secara menyamping. Contohnya seperti gambar berikut ini:



Penomoran zig-zag pun tentu diperlukan, misalnya untuk kolom tanda tangan dalam dokumen daftar hadir. Cara melakukannya pun hampir sama dan masih sangat cepat dan mudah untuk dilakukan.

Terlebih dahulu siapkan pola angka zig-zag dari 1 sampai 4, seperti gambar berikut ini :


Blok semua data, arahkan kursor di ujung kolom B4, tahan dan tarik kemudian lepas. Perhatikan gambar berikut ini :



Baca Juga : Cara Kroscek Data di Excel 

Nah, gimana sobat-sobat adminexcel? Mudah kan? Sekian dulus tips dari kami mengenai cara membuat nomor urut dengan cepat. Semoga bermanfaat sobat-sobat sekalian. Sampai jumpa di lain kesempatan.


Posting Komentar

© ADMIN EXCEL, All rights reserved. Distributed by Pixabin